SEBAIKNYA ORANG TUA LEBIH WASPADA TERHADAP PENGGUNAAN HP ANAKNYA

Minggu, 25 Oktober 2009

DAMPAK HP BAGI PELAJAR DI SEKOLAH

700 Pictures, Images and Photos
DAMPAK HP DI SEKOLAH BAGI PELAJAR SMP
( Hermadi )

DAMPAK POSITIF
  1. Mempermudah Komunikasi
  2. Menambah pengetahuan perkembangan teknologi
  3. Memperluas jaringan persahabatan


DAMPAK NEGATIF
  1. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran merupakan bukti nyata bahwa HP mudah mengalihkan perhatian peserta didik dari pelajaran
  2. Peserta didik lebih tertarik pada fitur yang tersedia di HP seperti : kamera, games, gambar, dan lain-lain, dari pada tugas-tugas mata pelajaran.
  3. Peserta didik sering disibukkan dengan SMS, miscall, baik mengirim maupun menerima, baik dari teman maupun dari keluarga sendiri.
  4. Dengan HP peserta didik mudah melakukan kecurangan baik pada waktu ujian maupun ulangan.
  5. Efek buruk terhadap kesehatan. Perkembangan kesehatan/pertumbuhan anak lambat laun akan terganggu. Aktifitas yang seharusnya untuk bermain-main/berolah raga, cukup digantikan dengan aktifitas duduk sambil tersenyum-senyum karena asyik SMS an dengan teman, atau yang dianggap pacar ?.
  6. Rawan terhadap kejahatan. Pelajar yang ber HP merupakan salah satu incaran bagi yang akan berbuat jahat.
  7. Pemborosan yang sia-sia. Tidak perduli uang saku, tidak perduli uang buku, yang penting pulsa HP ku. Orang tua sering ditipu, SMS dan MISCALL yang nomor satu. ( lebih-lebih jika orang tunya BUTEK atau GAPTEK )
  8. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan prilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari orang tua dan guru, HP mudah untuk mengirim dan menerima gambar-gambar yang berbau porno yang sama sekali tidak layak dilihat oleh pelajar-pelajar seusia SMP. Hal ini yang akan membuat anak dewasa sebelum waktunya.
  9. Sering menimbulkan cemburu sosial baru. Yang mempunyai HP lebih mahal dan lebih baru dengan fasilitas lengkap, menimbulkan rasa malu bagi yang HP nya sudah usang dan tidak laku.
  10. Diruang belajar tidak untuk belajar ilmu, tapi untuk SMS-SMS an melulu.

Maka ada baiknya jika orangtua/wali peserta didik lebih hati-hati dan bijaksana dalam menyetujui anaknya memilih dan menggunakan HP, khususnya bagi pelajar yang masih anak-anak. Jika tidak sangat diperlukan sebaiknya jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.

Mari kita selamatkan anak-anak didik dari penyalah gunaan teknologi maju. 

Oleh karena itu “ TATA TERTIB PESERTA DIDIK “ SMP Negeri 1 Wonopringgo melarang peserta didik membawa HP ke sekolah pada jam pelajaran sekolah. Bagi yang melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi yang tegas, dan memungkinkan HP diminta sekolah untuk diberikan setelah peserta didik tamat belajar. Dukungan semua pihak sangat diharapkan demi tegaknya ketertiban dan ketahanan sekolah.

======== OSIS SMP 1 WONOPRINGGO ======= 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bima